Morfologi

Burung Enggang mudah dikenali dari ciri khas tubuhnya, berupa paruh yang besar-melengkung, panjang dan ringan. Terdapat pula struktur tambahan di bagian atas paruh; balung atau casque yang hanya dimiliki oleh Enggang. Namun, setiap jenis memiliki perbedaan warna bulu, bentuk, ukuran, dan warna balungnya.

Balung yang terbentuk sebagian besar memiliki struktur berongga yang diperkirakan berfungsi sebagai ruang dengung suara. Tetapi pada jenis Rangkong Gading, mempunyai balungnya lebih kompak dan padat.

Enggang merupakan salah satu jenis burung bertubuh besar dengan panjang tubuh bervariasi antara 65-170 cm dan berat tubuh 290-4200 gr. Burung jantan memiliki warna bulu yang lebih mencolok dan ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Hampir seluruh tubuh tertutup oleh bulu dengan berbagai warna; hitam, abu-abu, putih dan sedikit variasi warna lain (kuning dan merah) pada bagian kulit leher, kepala, dan lingkar mata.

Jenis kelamin Enggang dewasa dapat dikenali melalui perbedaan warna balung, warna sayap, paruh, mata dan ukuran tubuh. Selain dari bentuk fisik, spesies ini bisa dikenali melalui suara calling dan kepakan sayapnya.