Pelatihan Inventarisasi dan pemantauan Enggang

Status perlindungan dan nilai penting dalam budaya tidak serta merta menjamin kelestarian populasi 13 jenis rangkong di Indonesia. Kehilangan habitat dan perburuan menjadi ancaman utama. Sadar bahwa masalah ini perlu keterlibatan banyak pihak untuk menghadapinya, Indonesia Hornbill Conservation Society (IHCS) berinisiatif untuk membantu para pihak dalam peningkatan kapasitas guna memperkuat upaya pelestarian rangkong dan habitatnya. Setidaknya terdapat tiga bidang dasar yang perlu menjadi prioritas dalam peningkatan kapasitas, yaitu identifikasi dan pengetahuan dasar terkait bioekologi rangkong, iventarisasi, serta monitoring.

Inisiatif ini disambut baik oleh WWF Indonesia Regional Kalimantan Barat dengan mengundang Yokyok Hadiprakarsa dan Nurul L. Winarni dari IHCS untuk memberikan Pelatihan Inventarisasi dan pemantauan Enggang (Bucerotidae) secara cepat dan efektif. Pelatihan dilaksanakan dua kali dengan keseluruhan peserta berjumlah 45 orang. Sebagian besar peserta adalah staff Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBR), Balai Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK), dan Balai Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS), ditambah perwakilan LSM setempat.

Berdasarkan hasil diskusi dan masukan selama pelatihan, terdapat beberapa tindak lanjut yang diperlukan untuk dapat mendukung upaya pengelolaan Enggang di tiap Taman Nasional, diantaranya: penyusunan rencana aksi konservasi Enggang dan pembentukan wadah komunikasi pengelolaan Enggang di Kalimantan Barat.

Pelatihan Pertama, tanggal 6 – 10 November 2015, di TNBBR.

Pelatihan kedua, tanggal 25 – 26 November 2015, untuk staff Balai TNBK dan Balai TNDS.

 

Comments(4)

  1. Fran Leard says

    When will these cowards stop killing the innocent birds for their own pleasure and profits? Put a stop to this and fine these brainless idiots.

    • rangkong_admin says

      Hi Fran, thank for your response. Every single effort is count, lets act together..

  2. Cornelia Bock says

    stop hunting immediately !

    • rangkong_admin says

      Hi Cornelia. Agree! let’s stop it together.

Post a comment